Monday, November 7, 2011

ITBPC 2011


Well ini adalah kontest pertama gw di tingkat Universitas setelah di tingkat SMA gw berkelana di BNPCHS 2010, KPIX UNPAR dan JOINTS UGM, 2 pertama gw bisa merasakan sensasi final dan yang ketiga gw belum di anugrahi untuk masuk final :)).

Ok cukup nostalgianya, sekarang tingkat SMA dan gw mau membagi cerita kontest pertama gw ini. Soal soal di kontest ini semuanya susah sangat sangar @_@. Team gw KEPO cuma bisa solve 1 dan terjebak di 2 soal lainnya. Yah di tingkat universitas ini, gw ngerasain gimana rasanya kerja team dalam menyelesaikan masalah tapi yah that's it only one. yang lebih nyesek, ternyata Team yang minimal solve 2 itu bisa kebandung (WAAAAAAAAAAAAAAAAAAA ~_~), seandainya satu soal itu berhasil gw jawab. tapi apa daya, waktu tinggal kenangan #_#.

Web resminya ada disini semua udah lengkap dari Scoreboard, peserta final, DLL. O yah ternyata kontest ini gak untuk universitas aja loh, tapi ada tingkat juniornya juga yaitu untuk SMA sederajat tapi yah gw gak kebagian waktu SMA dulu T_T.

Well gw mau berbagi sedikit cerita. Babak pemanasan
===========================================================
Di babak pemanasan ini ternyata waktunya itu virtual contest dimana kita bebas ngerjain kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. tapi untuk membiasakan diri kerja team, Gw akhirnya mutusin untuk ngerjainnya bareng dengan Team JollyBee yg lain dengan team mereka masing masing.

ada 2 soal dari babak ini, soal pertama ternyata agak mudah (harusnya mudah banget kalo udah tau solusinya :-)). soalnya cuma disuruh reverse jam yang ternyata solusinya gak perlu ngalur ngidul kemana mana. tapi solusi gw ????? berpuluh baris yang sempet WA gak tau dimana. tapi yah sudahlah.

Soal kedua ternyata Game Gajah, jadi gajah masing masing mengambil batu, yg menyebabkan batu itu habis, tandanya gajah tersebut menang. untuk apa gajah itu mengambil batu ?? Di soal tulisannya untuk Olimpiade %$$$@#%&$@^#%@#. Gajah lebih pinter dari gw, dan soal ini gak bisa kami selesaikan sampai waktu habis, dan waktu ada pembahasan, ternyata polanya mudah, cuma ngecek apakah dia bilangan 2 pangkat atau bukan. @_@ (dibodohin gajah).


Sabtu 15 Oktober
================================================
Gw ada kelas di gedung lain, gw univ di binus dan gw sedang ada kelas di Alam sutra tangerang dan gw harus ngerjain penyisihan di gedung Anggrek dan yah, akhirnya gw gak ikut MatKul Matematika diskrit. dengan buru buru gw langsung pulang -> taroh motor -> naek bis untuk ke jakarta. harap harap cemas takut macet ternyata jalanan lancar sentosa. singkat cerita gw bisa datang jam 13.xx dimana xx antara 1 - 15. waktu masuk ruangan, jleb semua hening dan gw langsung menuju team gw.

beberapa menit berlalu gw sama ko hendry mencari cari soal yang mudah dimana ternyata soal termudah sudah dihandle ko kevin, sedikit gw debug, submit, WA what what. dengan sedikit analisis gak penting dimana gw kira input awal bisa spasi ternyata juga sama aja. akhirnya kevin membantu hendry menyelesaikan soal yg lain dan gw gantian handle soal yg tadi. karena waktu, gw akhirnya pake pascal, algo yang gw pake gak beda sama yang di C tadi, submit -> Accepted wow. akhirnya gw langsung pindah soal. Guest what GAJAH. Gajah ikut olimpiade, pintar sekali gajah ini, tapi yah berhasil membodohi gw. Soal ini yang membuat gw berkutak atik sampe penyisihan selesai sedangkan Hendry dan Kevin berkutak katik di soal gentong.

Finally, AC 1 Kepo. yah notbad lah untuk pemula ^^. dari binus ada beberapa yang pergi ke bandung besok, Buat mereka semangat yah, bawa nama baik binus #_#. #iriBanget.

O yah untuk lomba kedua gw ikut INC, tapi gw post nanti yah &_&

No comments:

Post a Comment