Tuesday, November 8, 2011

Binus INC ICPC 2011


Nah ini lomba Programming kedua yang gw ikutin setelah ITBSPC. Lomba ini di handle oleh Univ gw sendiri yaitu Binus University, apa lagi gw ikut Team JollyBee yang artinya Free For Regis (Y). kabar yang sangat baik untuk dompet mahasiswa hohoho.

Singkatnya gw ikut bersama dengan team Kepo yang terdahulu, semuanya berubah saat babak pemanasan sudah semakin dekat. Begini ceritanya

Jumat 21 Oktober 2011
================================================
Siang hari gw langsung tanya sama temen gw "Kita udah terdaftar belum neh ?" dan jawaban mengejutkan "BELUM" #lebay. emang sebagian salah gw, harusnya gw balikin formulirnya hari rabu, jadi karena haru rabu gw kebetulan gak bisa ke jakarta yah gw titip temen gw buat ambil formulir dan gw langsung aja ngasih data diri buat diisi sama dia + Tanda tangan palsu kawkawka.
Dan yah malam itu gw ngegalau bareng yang lain, akhirnya gw ada ide buat ngontak pak muhsin selaku ketua lab computing yang juga panitia. dan balesannya "Kalian sudah bayar atau belum ?". memang formulir telah kami kasih tapi belum ada email konfirmasi yang menyatakan team kami sudah terdaftar. akhirnya saking paniknya ternyata kita belum bayar. akhirnya kita nunggu besok gimana yang katanya mau diurus sama pak muhsin ?_?

Sabtu 22 Oktober 2011
================================================
Yap hari babak pemanasan sudah tiba. dan belum ada konfirmasi dari pak muhsin atau panitia lainnya. Gw hari ini ada kelas Lab dan gw langsung sms pak muhsin gimana jadinya. akhirnya akan diurus sama dia dari data data yang dia dapet. Pembayaran ? ternyata kita dapet jatah dan artinya Free @_@. Waktu gw lagi di lab, tiba tiba pak muhsin nelpon gw, ternyata dia minta agar email gw di verifikasi karena email gw udah terdaftar di ACM ICPC. nah berhubung gw gak ngerti caranya akhirnya gw kasih email gw yang lain buat didaftarin sama dia.
Akhirnya dapetlah email yang berisi Nama Team = Gundala Putra Petir. WHAT WHAT ! ! ! ! !. nama teamnya suka suka dia neh hahaha. tapi yah apa boleh buat KEPO ----->> Gundala Putra Petir. Well that's cool.
Gak lama gw dengan tenang langsung ke kelas. Yes MATDIS jam kosong, langsung jam 13.20 gw keluarin laptop dan kontak temen gw kalo sekarang ada practice session. Wew mereka gak bisa OL dan gw yang jadi practice sendiri hehehe. Ada 3 soal dari INC taun taun sebelumya yang diberikan, dari 3 gw bisa 2 yang satu lagi gak sempet karena udah mepet banget. Yah lumayan lah padahal practice sesion gw di 50 teratas, mungkin yang pada Dewa pada nge-poor @_@.

Minggu 23 Oktober 2011
==========================================
Now the contest day ^&@%#&^&.
Jam 11 gw langsung berangkat dari rumah naik bis karena takut macet gw datengnya agak awal aja, dan di perjalanan gw gak banyak cerita palingan cuma belajar MergeSort dan beberapa tekhnik DP yang gw gak ngerti sampe sekarang dan baca baca Greedy yang mulai dikit dikit bisa.
Singkatnya gw nyampe di Binus Syahdan dan gw langsung menuju Lab Computing dimana harusnya semua ngumpul disitu dulu. Tapi cuma ada 1 temen gw yang udah sama teamnya. gw bingung dimana-kah temen gw. Yah Ko kevin ke luar negri, dan ko Hendry ada kerja. Me = Alone. waaaaaaaaaaaaaa gaswat gaswat. langsung abis ngobrol ngobrol gw cabut ke anggrek cari cari ruang yang udah disewakan untuk kami. Wetew.
Langsung aja masuk ke ruangan dan ternyata ada solusi buat Team gw. Yahoo Messengger. dan yes di komputer lab gak ada YM. akhirnya gw pinjem laptop temen gw buat YM. dan Yes lagi, WI-FI binus gak tembus sampe ruang lab. akhirnya terpaksa gw pake Facebook dari komputer Lab. dan Yes lagi lagi ternyata akses internet di blok ~_~. akhirnya gw minta bantuan aslab buat ngebuka aksesnya dan berhasil.
Singkatnya kontestpun dimulai, semua hening, bunyi keyboard dimana mana dan gw ??? ngopas soal semuanya ke Facebook biar temen gw yang lain pada bisa ngeliat. setelah semua soal gw copas, jadilah gw langsung coba ngerjain. Soal dimulai dari Mengkonversi GMT yah gampang lah, pas gw mau ngerjain, temen gw bilang mau ngerjain. Ok gw pindah soal A ternyata. soal ini gampang susah karena bug lucu. Index pertama yang harusnya [0] ternyata berubah jadi [1] karena gw pake for (i=1) ~^@&^#^@% hasilnya soal ini gw submit di jam akhir PARAH TENAN. GPP sudah ACC 2 tapi masih tertinggal dibawah karena selisih waktu. gw udah panik aja di dalem ruangan karena udah gak bisa mikir lagi. Akhirnya hendry submit soal Array multiplication dan Yap Time Limid Exceed padahal itu udah pasti bener dan yak lagi lagi DP dan DP. Gak ngerti kk %$^#&. dan Kevin submit soal Bit bit apa lah, dan Runtime Error. Padahal dia juga yakin bener salah dimana ? soal yang gw copas ternyata tulisan input sampai 1012 padahal aslinya adalah 10^12. WeTeEp udah dah pasrah sama solve 2 dan sampe babak akhir gak ada lagi coba coba soal lainnya. kita nongkrong di posisi 80 T_T dan lagi lagi kalau aja kita ACC 1 lagi, pasti deh kita masuk final. tapi lagi lagi waktu tinggal kenangan.
Tahun depan harus lebih baik dan harus bisa masuk final (Y).

Scoreboard dan info mengenai INC ICPC 2011 bisa dilihat disini

O iyah FYI, ternyata Binus itu juara 2 dan juara 4, dimana juara 1nya dari ITB dan juara 3 dari Universitas Indonesia.

No comments:

Post a Comment