Saturday, January 11, 2014

Compfest 2013

Halo semuanya :) tidak terasa tahun 2013 sudah berlalu dan banyak kompetisi yang saya ikuti tapi tidak terexpose di bllog ini =)). Pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengikuti Compfest 2013 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Kenapa saya baru posting sekarang, kenapa tidak dari tahun lalu ? Jawabannya adalah, saya gagal move-on :'(. Yah lomba kali ini adalah lomba paling nyaris saya mendapatkan juara 3. Team saya mendapatkan juara 4. O iyah, team saya pada kali ini adalah Sangkakala dimana team membernya adalah Vincentius Madya, Jennifer Santoso dan Alvin Setiadi. Lalu ada team Binus lainnya yaitu PandaWah dengan membernya adalah Teddy Budiono, Daniel Agusta dan Jessica Handojo. Reinhart pada kompetisi kali ini absen karena sedang intern di Facebook.

Team Sangkakala, berhasil menempati rank 4 dan team PandaWah berhasil menempati rank 5. Sangat menyedihkan T_T. Kali ini saya akan mencoba mengingat kembali masa masa suram dalam mengerjakan soal :). Soal diurutkan bukan merupakan dari pertama yang kami solve, tapi berdasarkan kode soal :

  1. Pangeran Berti. Sepertinya Gampang, Kami dapat Accepted dan lupa siapa yang coding :)) [Edited] Jennifer Santoso yang coding :D
  2. Ini Prima ?. Sieve of Erathos, lalu pada saat search bisa di pruning. Alvin yang Coding, lalu saya kasih tau bisa di pruning. Accepted
  3. Pembiakan Hibrida. Soal mahakarya dari William Gozalli. Kami gagal meng-crack soal ini sampai akhir kontes
  4. Pilihan Ganda Campuran. Maximum Flow problem, tapi waktu saya coding, saya menggunakan Maximum Cardinality Bipartite Matching. Accepted
  5. Selai Kue. Another failed Accepted problem :(
  6. Jumlah Bilangan. Dynamic Programming, tricknya adalah memo tabelnya sekali lalu untuk setiap kasus tidak perlu di reset lagi. Saya coding sempat Wrong Answer karena tidak baca bilangan harus lebih kecil dari 10, saya berasumsi bilangan lebih kecil sama dengan 10. Accepted
  7. DNA Misterius. Segment Tree tapi kami tidak berhasil mendapatkan Accepted
  8. Pulau Sederhana. Awalnya saya berpikir bahwa ini adalah Heavy Light Decomposition. Tapi alvin mendapatkan pencerahan dengan cara yang saya sedikit tidak mengerti :)). Accepted
Dengan demikian, kami berhasil menjawab 5 dari 8 soal yang tersedia dimana kami kalah 1 soal dari rank 3. Setelah selesai kontes, kami jalan jalan sendiri bersama ko Risan juga menelusuri danau UI yang sangat "hijau" :).

Pemenang dari Compfest 2013 tingkat Comptetitive Programming kali ini adalah :
  1. UMN-ALPHA, Universitas Multimedia Nusantara (Archie Pusaka, Kevin Purwito, Eka Jaya Harsono)
  2. <3 , Universitas Indonesia (Felik Junvianto, Fredric Sanjaya, Febry Antonius)
  3. iSengaja, Institut Teknologi Bandung (Mochammad Dikra Prasetya, Ahmad Zaky, Ridho Akbarisanto)
Lalu di akhir penutupan terdapat Raisa yang sedikit menghibur kami dari kekalahan yang menyakitkan :'). Sampai jumpa di Compfest 2014 :) Semoga kami bisa memberikan yang lebih baik lagi nanti :).

Fakta yang menyenangkan =)) :
  1. Waktu lagi contest, ada balon yang pecah. Lalu Jennifer Santoso latah dan teriak "Binary Search" dengan kencang.
  2. Sebelum bertanding, kami mengadakan latihan bersama dengan STMIK Mikroskil Medan
  3. Akhirnya team Binus pergi menggunakan Bus
  4. Kita memanjat gedung perpustakaan UI, lalu diserang semut merah.
  5. Beberapa anggota Team Binus tidak tahu bapakah itu Raisa.
  6. Kami sempat menduduki posisi 1 :')
  7. Teddy terlambat bangun sebelum berangkat ke UI.
  8. Ariza membeli 1 pisang dimana bungkusnya bertuliskan "Single And Available"
  9. Peserta wanita hanya ada 2 dan dua duanya dari Binus
  10. Raisa cantik.
  11. Team PandaWah nitip print team notebook ke panitia compfest (Ashar Fuadi). Kalau tidak salah, kata Teddy, uang print'nya ditagih :))
  12. Raisa hanya seharga sate. Dengan main di Stand yang ada di Compfest dan biaya minimum, bisa nonton Raisa :))
Sekian cerita cerita yang bisa saya bagikan, dan inilah kami yang berjuang bersama dengan panitia Compfest 2013 :

Problem set Final Mahasiswa : [Soal Final]
Blog dari Panitia Compfest : [Blog William Gozalli]

No comments:

Post a Comment